Cara Poles Mobil dengan dan Tanpa Mesin

cara poles mobil

Poles mobil dikenal ampuh untuk menghilangkan beragam kotoran yang membuat mobil kusam. Namun, memoles mobil bukan pekerjaan yang bisa dilakukan dengan asal-asalan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus mengetahui cara poles mobil yang benar. Ada ilmu/teknik yang membuat polesan yang Anda lakukan benar-benar memberikan hasil yang diharapkan. Selain itu, Anda juga membutuhkan peralatan khusus poles.

Persiapkan Alat-Alat Poles Terlebih Dahulu

Diperlukan alat-alat poles khusus sebelum Anda memulai proses pengkilapan mobil Anda. Terdapat 2 alat poles utama. Berikut adalah ke-2 alat poles yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

  • Cairan Poles

Cairan poles memegang peranan penting pada proses pemolesan. Tidak sulit untuk mendapatkan cairan poles berkualitas. Hati-hati ketika memilih cairan poles, lebih baik yang mahal berkualitas daripada yang murah tetapi kualitasnya dipertanyakan. Terdapat beragam jenis cairan, dari mulai yang berjenis Wax dan Hard Shell. Silakan pilih berdasarkan preferensi dan kebutuhan masing-masing.

  • Mesin Poles

Mesin poles adalah alat utama poles mobil. Mesin poles ini akan mempermudah pekerjaan memoles Anda (manual ke otomatis). Terdapat 2 jenis kain pada mesin poles. Ke-2 jenis kain tersebut adalah kain halus dan kasar. Kain kasar untuk meratakan cairan poles, sedangkan kain halus untuk membuat mobil Anda mengilap. Pada proses pemolesan, Anda akan menggunakan kedua jenis kain tersebut secara bergantian (sesuai fungsi).

Alat-alat lain yang Anda persiapkan merupakan alat kebersihan umum dan peralatan cuci mobil. Apakah mesin poles itu wajib? Sebenarnya, Anda bisa saja memoles mobil tanpa menggunakan mesin poles. Namun, pekerjaan tersebut akan terasa lebih melelahkan. Mesin poles akan mempermudah pekerjaan Anda. Selain itu, mesin poles tidak sekali pakai alias bisa digunakan berulang-ulang. Siapa tahu, Anda ‘ketagihan’ dan rutin memoles sendiri.

Langkah-langkah (Step by Step) Memoles Mobil

Jika Anda sudah mempersiapkan beragam hal yang sudah disebutkan, maka langkah selanjutnya adalah membuat mobil Anda menjadi mengilap dan terlihat fresh. Sebelum melakukan pemolesan, Anda dapat mempersiapkan beberapa hal penting berikut ini.

  1. Memoles mobil bukan pekerjaan sebentar. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup dan terhindar dari beragam hal yang bisa mengganggu proses pemolesan.
  2. Waktu pemolesan amat sangat tergantung pada kekusaman dan detail pekerjaan. Semakin kusam mobil Anda maka semakin lama. Selain itu, semakin rapi dan detail pekerjaan Anda semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk memoles mobil.
  3. Persiapkan area atau lokasi poles. Pilih area yang terang (visi jelas), misalnya halaman rumah atau garasi. Namun, Anda juga harus memperhatikan kondisi area. Pastikan tidak ada debu atau beragam kotoran lain yang berpotensi membuat mobil Anda menjadi kotor.
  4. Persiapkan alat-alat poles yang Anda miliki. Simpan di tempat khusus atau spesifik. Jangan sampai Anda lupa peralatan. Hal tersebut dapat mengganggu pekerjaan Anda.
  5. Anda akan memoles tiga bagian utama mobil. Bagian pertama adalah bagian atas mobil. Bagian kedua adalah bagian samping mobil. Bagian ketiga adalah bagian depan dan belakang.
  6. Bersihkan mobil terlebih dahulu dengan mencucinya. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel. Cuci mobil dengan baik, debu yang masih menempel akan mengganggu bahkan merusak proses pemolesan.

Jika hal-hal penting di atas sudah dipenuhi maka langkah selanjutnya adalah memoles mobil. Berikut adalah cara poles mobil dan step by step guide memoles mobil sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil.

  1. Mulai pemolesan dari bagian atas. Jika ada kotoran yang masih menempel, bersihkan terlebih dahulu.
  2. Mulai poles bagian atas mobil dengan merata. Bubuhi lap yang bertekstur kasar dengan pemoles mobil. Mulai poles bagian atas dengan mesin poles. Bagian atas mobil cukup luas sehingga Anda bisa membuat pola. Lakukan secara gentle dan pastikan hasil polesan Anda merata.
  3. Untuk memunculkan efek mengkilap, Anda bisa melakukan proses lapping (gosok). Caranya adalah dengan menggunakan lap halus pada mesin poles. Anda tidak perlu membubuhi cairan pada lap halus.
  4. Proses pemolesan pada bagian atas mobil sudah selesai.
  5. Anda dapat melakukan proses pemolesan yang sama pada bagian mobil lainnya. Dengan demikian, Anda hanya tinggal mengulangi proses tersebut pada bagian samping, depan, dan belakang mobil.
  6. Selain bagian-bagian utama mobil tersebut, poles juga bagian kaca mika lampu dan velg mobil.
  7. Anda dapat menggunakan obat penghilang jamur pada bagian kaca dan spion mobil.
  8. Untuk membantu Anda membersihkan debu dan kotoran pada bagian celah-celah sempit, Anda dapat menggunakan alat sikat gigi.
  9. Lakukan pemeriksaan kembali pada setiap bagian mobil. Jika dirasa masih ada yang perlu dipoles maka segera poles. Jika sudah dirasa cukup, maka proses pemolesan mobil sudah selesai.

Tips Poles Mobil Tanpa Mesin

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahwa Anda tidak memerlukan mesin poles mobil untuk memoles mobil Anda. Anda dapat memoles mobil dengan menggunakan fasilitas pemberian Tuhan, yaitu tangan Anda. Namun, memoles dengan tangan bukan pekerjaan mudah. Anda membutuhkan stamina yang prima. Selain itu, jangan heran dan pastikan Anda sadar bahwa pasca memoles, tangan Anda akan pegal-pegal.

Cara poles mobil menggunakan tangan, tidak jauh berbeda dengan poles dengan mesin. Tinggal ganti saja mesin tersebut dengan lap micofiber dan peralatan lainnya. Untuk membantu Anda menyelesaikan pemolesan dengan baik Anda bisa menggunakan beberapa tips poles mobil tanpa mesin. Berikut adalah beberapa tips poles mobil tanpa mesin:

  1. Ketika mencuci dan melakukan proses detailing (perawatan) usahakan jangkau juga bagian yang terhindar dari sinar matahari dan paparan debu.
  2. Mulai perawatan ketika suhu mobil normal atau dingin. Jangan sampai Anda memulai perawatan ketika mobil baru saja digunakan atau mesin masih panas.
  3. Proses pemolesan menggunakan soft buff pad dan cairan compound. Cairan compound ini memiliki ‘khasiat’ untuk menghilangkan baret atau goresan halus, menghaluskan, dan memulihkan permukaan cat yang kusam.
  4. Teknik yang tepat untuk pemolesan adalah dengan membubuhi soft buff dengan cairan microfiber dan mengusapkannya pada bagian mobil per panel. Setelah selesai, ulangi proses (teteskan cairan dan usapkan) pada bagian panel mobil yang lain.
  5. Tunggu proses tersebut selama sekitar 5 menit, kemudian bersihkan sisa (jika ada) dengan lap microfiber.
  6. Setelah selesai, Anda bisa melakukan polishing. Polishing berfungsi untuk membuat warna cat mengilap.
  7. Bagian akhir dari rangkaian proses pemolesan adalah waxing. Waxing bermanfaat untuk melapisi atau memproteksi bodi mobil. Baik proses waxing dan polishing sama dengan proses pemolesan.
  8. Setelah semua proses dilakukan, bersihkan atau lap seluruh bagian mobil dengan lap microfiber. Proses pengelapan tersebut dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa cairan.

4 Jenis Penghilang Goresan Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Terdapat 4 jenis penghilang goresan yang bisa Anda pergunakan ketika memoles mobil Anda. Diambil dari Mybest (my-best.id), ke-4 jenis penghilang goresan tersebut adalah Wax, Compund, Spray, dan Touch Pen.

1. Wax

Jenis penghilang gores yang populer satu ini sangat cocok untuk menghilangkan goresan halus pada bodi mobil. Terdapat 2 jenis wax berdasarkan bentuk, yaitu cair dan padat (solid). Wax jenis cair mampu menghilangkan goresan yang tidak terlihat. Efek wax cair ini dapat berlangsung lama. Namun, perlu diingat dan diperhatikan, wax memiliki kandungan abrasif di dalamnya. Dengan demikian, hindari penggunaan cairan wax secara berlebihan.

Penggunaan cairan wax secara berlebihan justru dapat memunculkan goresan pada mobil. Kandungan wax padat tidak berbeda jauh dengan wax cair. Keduanya juga memiliki manfaat yang sama, yaitu mampu menghilangkan goresan halus. Perbedaannya ada pada bentuk dan efek samping. Jika wax cair dapat mengakibatkan goresan, maka wax padat lebih aman dan tidak mengandung banyak risiko.

2. Compound

Cairan ini sudah dibahas dalam tips cara poles mobil tanpa mesin poles di atas. Tidak jauh berbeda dengan wax, compund mampu menghilangkan goresan halus dan dangkal. Namun, compund memberikan khasiat lain, yaitu mampu merawat cat mobil. Compound tersedia dalam beragam bentuk, dari mulai cair hingga padat. Selain itu, compound juga hadir dalam beberapa level, dimana semakin tinggi levelnya semakin kasar kandungannya.

3. Spray

Jika yang diukur adalah kapabilitasnya dalam menghilangkan goresan, penghilang goresan jenis spray (semprot) dapat dikatakan merupakan jenis paling baik. Bahkan, spray mampu menghilangkan goresan yang cukup dalam. Namun, jenis spray juga memiliki banyak kekurangan, dari mulai ketersediaan, kecocokan warna cat dan jenis spray, dan hingga teknik penerapannya yang tidak mudah (harus sangat teliti).

4. Touch Pen

Touch pen dapat menghilangkan goresan serta karat dan silikon yang menempel. Sesuai dengan namanya, Anda harus menggoreskan, layaknya menulis, touch pen tersebut pada goresan. Kemampuannya tersebut sangat cocok dimanfaatkan untuk menghilangkan baret berbentuk garis. Namun, touch pen memiliki kekurangan yang tidak jauh berbeda dengan jenis spray dimana Anda harus menyesuaikan produk dengan warna cat.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengaplikasikan uraian Kami diatas. Jangan khawatir, Autonetcare.com menghadirkan layanan jasa poles mobil bergaransi dengan teknisi profesional yang bertifikat. Dan yang terpenting adalah proses pengerjaannya dapat dilakukan di rumah Anda tanpa dikenakan biaya tambahan lagi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat via WhatsApp