Luar Biasa, Inilah Manfaat Kaca Film Mobil

Banyak orang menganggap kaca film adalah komponen aksesori mobil yang tidak memiliki fungsi selain fungsi estetis. Anggapan tersebut adalah anggapan yang keliru. Manfaat kaca film tidak hanya menyoal agar tidak bisa dilihat dari luar atau agar terlihat lebih stylish, terdapat manfaat lain yang jauh lebih penting. Manfaat tersebut adalah mampu menjadi pengaman, melindungi pengemudi dari panas dan menjaga temperatur.

Fungsi Utama Kaca Film

Pada umumnya terdapat 3 fungsi utama kaca film. Fungsi utama tersebut merupakan fungsi yang dapat dilihat dan dirasakan secara langsung. Diambil dari nissan.co.id, berikut adalah 3 fungsi utama kaca film.

  • Pengaman (Kejahatan dan Privasi)

Kaca film mampu membatasi visibilitas orang dari luar mobil. Akibatnya, orang tidak akan mudah melihat dan mengamati apa dan siapa yang ada dalam mobil. Keterbatasan pandangan tersebut dapat menurunkan peluang terjadinya kejahatan. Selain untuk alasan anti-crime, kaca film juga akan melindungi privasi Anda. Anda bisa lebih bebas dalam melakukan aktivitas di dalam mobil tanpa terganggu karena dapat dilihat publik.

  • Artistik

Tidak sedikit para pemilik mobil justru memilih kaca film berdasarkan fungsi artistik. Mereka memilih beragam model atau desain kaca film yang menurut mereka cukup estetis jika dipandang publik. Ada 2 hal yang umumnya menjadi pertimbangan dalam membeli desain kaca film. Ke-2 pertimbangan tersebut adalah motif dan warna. Keserasian antara warna kaca film dengan mobil akan menghasilkan kesan artistik yang baik.

  • Anti Panas

Kaca film akan melindungi Anda dari panas dan sinar ultraviolet. Kaca film mampu menyerap dan memantulkan panas. Dengan dipantulkannya sinar matahari tersebut, suhu di dalam mobil menjadi lebih terjaga. Anda akan merasakan udara di dalam mobil menjadi lebih sejuk. Saat ini, terdapat beragam jenis kaca film anti panas yang dijual. Semakin baik kualitas kaca film anti panas maka semakin baik pula manfaat yang akan Anda dapatkan.

  • Kaca Film Mampu Melindungi Penumpang dari Pecahan Kaca

Selain melindungi penumpang dari sinar ultraviolet dan panas matahari, kaca film ternyata memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya. Kaca film ternyata mampu melindungi penumpang dari pecahan kaca. Pecahan kaca yang dimaksud tentu saja hanya muncul jika terjadi kecelakaan atau insiden yang membuat kaca pecah. Kondisi tersebut yang membuat banyak orang tidak menyadari manfaat kaca film yang tidak terduga tersebut.

Maklum, kecelakaan bukan hal yang diharapkan. Selain itu, tidak setiap orang yang mengalami insiden kaca pecah memperhatikan dampak kaca film pada pecahan kaca tersebut. Bagaimana cara kaca film melindungi penumpang dari pecahan kaca? Menurut proden Solar Gard lapisan perekat pada kaca film akan menahan pecahan kaca tersebut.

Jadi, sebelum kaca yang pecah dan berhamburan melukai Anda, pecahan kaca tersebut akan terlebih dahulu ‘tersangkut’ di lapisan perekat kaca film tersebut. Meskipun mampu menahan pecahan kaca, bukan berarti Anda tidak akan terkena tajamnya pecahan kaca tersebut. Kaca film tidak mampu melindungi Anda sepenuhnya. Kaca film hanya mampu mengurangi dampak dari pecahan kaca tersebut.

Kaca Film Dapat Menghemat Bahan Bakar

Menurut penelitian diluar sana, kaca film mampu menghemat energi. Bagaimana bisa kaca film yang bahkan tidak berkaitan langsung dengan mesin bisa mengemat BBM? Masih dikutip dari otomotif.antaranews.com, mobil yang menggunakan kaca film, AC-nya tidak bekerja sekencang biasanya. Akibatnya, konsumsi BBM menjadi lebih hemat

Selain itu, dengan menggunakan kaca film, temperatur di dalam mobil menjadi lebih terjaga. Namun, jangan berpikir bahwa Anda bisa menggunakan kaca film untuk menghemat BBM dalam jumlah yang signifikan. Alih-alih memanfaatkan fungsi utama kaca film, Anda bisa-bisa memilih dan menggunakan kaca film untuk tujuan yang tidak berdampak signifikan. Hal tersebut tentu merupakan hal yang konyol dan mubazir.

Keuntungan Menggunakan Kaca Film

Dengan beragam manfaat kaca film yang sudah dijelaskan di atas, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menggunakan kaca film pada kendaraan Anda. Memang, kaca film merupakan komponen atau aksesori yang tampak sepele. Namun manfaat dan keuntungannya tidak dapat dianggap remeh. Menggunakan kaca film tidak sekadar upaya untuk mempercantik mobil. Berikut adalah 7 keuntungan menggunakan kaca film.

Mengurangi Sinar Matahari yang Masuk

Silau dan panas merupakan dua hal yang membuat Anda tidak nyaman berada di dalam mobil. AC hanya mampu menurunkan temperatur tetapi tidak mampu membuat Anda tidak tersorot sinar matahari. Kaca film akan membuat Anda tidak terpapar cahaya matahari dalam jumlah yang banyak.

Membantu Menurunkan Temperatur

Karena sinar matahari yang ‘berusaha’ masuk dipantulkan oleh kaca film, maka panas yang masuk ke dalam mobil akan berkurang. Akibatnya, temperatur udara menjadi lebih sejuk dan Anda tidak akan kepanasan.

Anti Silau dan Membuat Nyaman Pengemudi

Selain dampak turunnya temperatur, kaca film membantu pengemudi untuk berkendara lebih baik dan lebih nyaman. Sinar matahari yang akan mengganggu penglihatan Anda dapat dihalau oleh kaca film. Akibatnya, Anda tidak akan mengalami silau dan gangguan penglihatan lainnya. Anda dapat mengemudi lebih nyaman.

Mengurangi Konsumsi BBM

Kaca film membuat suhu di dalam mobil menjadi lebih sejuk, sehingga AC yang dinyalakan tidak memakan energi yang terlalu besar. Dampak positifnya, Anda bisa lebih menghemat konsumsi bahan bakar.

Meningkatkan Privasi

Dilihat publik, baik disengaja atau tidak, merupakan hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Kaca film dapat melindungi privasi Anda di mana publik tidak bisa menerawang untuk melihat isi mobil dan aktivitas yang Anda lakukan. Anda menjadi lebih bebas dan nyaman. Manfaat kaca film dalam melindungi privasi ini merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang menggunakan kaca film.

Mengurangi Risiko Tindak Kriminal

Karena terbatasnya penglihatan orang di luar mobil, para pelaku kriminal akan kesulitan menerawang dan mengamati isi mobil. Terbatasnya visibilitas tersebut dapat mengurangi tindak kejahatan yang dapat terjadi pada Anda. Alih-alih bertindak lebih jauh, para penjahat tersebut malas menjadikan Anda sebagai target kejahatan.

Melindungi Anda dari Pecahan Kaca

Memang kaca film dapat berperan sebagai pelindung? Jawabannya ya, kaca film memiliki lapisan yang mampu menahan laju serpihan kaca jika terjadi insiden atau kecelakaan. Memasang kaca film tidak mencegah atau menghilangkan efek buruk kaca pecah, tetapi dapat menguranginya.

Antara Tingkat Kegelapan dan Kemampuan Menangkal Sinar Matahari

Anggapan bahwa semakin gelap kaca film maka semakin baik kaca film tersebut dalam menangkal sinar matahari merupakan anggapan yang keliru. Diambil dari pengalaman Autonetcare.com, tidak terdapat korelasi langsung antara tingkat kegelapan dan kemampuan menangkal sinar matahari. Dengan demikian, Anda tidak perlu mencari kaca film yang sangat gelap hingga berlapis-lapis untuk menangkal sinar matahari dalam jumlah yang banyak.

Lantas, apa yang mempengaruhi kemampuan menangkal sinar matahari? VLT atau Visible Light Transmission merupakan parameter yang digunakan untuk mengukur gelap-terang kaca film. Semakin tinggi VLT, maka tingkat kegelapan kaca film semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah VLT, maka tingkat kegelapan kaca film semakin tinggi. Untuk mengukur tingkat kegelapan tersebut, Anda harus melihat VLT dari kaca film yang dipasang.

Jangan Membeli Sebelum Mengenal 4 Jenis Material Kaca Film

Kaca film ternyata memiliki beragam manfaat yang akan membuat Anda lebih nyaman dan aman berkendara. Sebelum Anda memutuskan untuk pasang kaca film, ada baiknya Anda mengenal beragam material kaca film. Material kaca film memiliki ciri atau karakter masing-masing. Hal tersebut akan berpengaruh pada penggunaan atau pemasangan kaca film pada mobil Anda. Selain itu, perbedaan material dapat memberikan perbedaan kualitas.

Berikut adalah 5 material kaca film yang harus Anda ketahui:

  • Dyed

Material dyed merupakan jenis material yang dapat dikatakan paling terjangkau (murah). Material tersebut mampu menyerap dan memantulkan sinar matahari, tetapi dari segi penampilan tidak terlalu menarik dan terlihat ‘datar’.

  • Metal

Selain mampu menahan dan memantulkan sinar matahari, film metal mampu membuat jendela menjadi lebih kuat. Selain itu, jenis metal lebih tahan gores ketimbang jenis dyed. Jika dilihat dari luar, kaca film Anda akan terlihat mengkilap (bercahaya). Salah satu kekurangan utama dari jenis metal adalah material tersebut dapat mengganggu sinyal perangkat mobile, radio, dan GPS.

  • Carbon

Dari segi penampilan material jenis carbon terlihat lebih baik ketimbang jenis metal. Material carbon terlihat lebih elegan dan gelap tanpa berkilauan. Dari segi fungsi, yaitu menangkal sinar matahari, material carbon juga terbukti lebih baik dalam menjalankan fungsinya. Selain itu, carbon mampu menjaga temperatur di dalam mobil. Keunggulan carbon lainnya adalah tidak mudah rusak dan mampu bertahan lama.

  • Keramik

Jika dibandingkan dengan ke-3 material sebelumnya, material keramik merupakan jenis material yang baru. Meskipun baru, material tersebut sudah banyak diklaim sebagai material kaca film terbaik. Artinya, material keramik mampu menyerap dan menangkal panas dengan baik, artistik, tidak mengganggu sinyal, dan tahan lama. Kekurangan satu-satunya dan yang utama adalah harga material keramik cukup mahal.

Tips Membeli Kaca Film yang Tepat dan Berkualitas

Terdapat beragam manfaat kaca film dari mulai memberikan nilai estetis hingga menjaga privasi. Pemilihan kaca film bukan sesuatu yang dapat dilakukan secara sembarangan. Terdapat beberapa pertimbangan mengenai pembelian kaca film, dari mulai material, harga, hingga motif. Berikut adalah beberapa tips membeli kaca film yang tepat dan berkualitas.

  • Sesuai dengan Kebutuhan

Tentukan tujuan utama dari pembelian kaca film. Apakah kaca film tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas estetis mobil atau untuk meningkatkan daya serap sinar ultraviolet. Perbedaan tujuan dan keperluan akan memberikan Anda preferensi yang berbeda. Jangan sampai Anda membeli kaca film anti panas dengan desain dan warna yang tidak serasi dengan mobil Anda untuk dijadikan komponen dekorasi (aksesori).

  • Material dan Bahan

Pemeriksaan tidak hanya harus Anda lakukan pada material kaca film, tetapi juga pada bahan kaca. Periksa ketebalan kaca (yang akan dipasang kaca film) Anda. Gunakan material yang pas dengan harga yang juga Anda anggap pantas. Anda bisa memilih beragam material, dari mulai karbon hingga keramik. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Pemilihan Warna

Kesesuaian warna antara kaca film dengan mobil umumnya merupakan indikator bahwa aksesori yang Anda pasang membuat mobil Anda menjadi lebih estetis, trendy, atau apapun kesan yang ingin ditampilkan. Jika tidak serasi, alih-alih terlihat keren, mobil Anda dapat terlihat norak dan memalukan.

  • Bergaransi

Kaca film bukan aksesori yang akan bertahan selamanya. Durabilitas kaca film akan sangat bergantung pada jenis material yang digunakan. Untuk memastikan Anda tidak tertipu atau membeli produk yang berkualitas, pilihlah kaca film yang bergaransi. Garansi merupakan jaminan bahwa produk yang Anda beli berkualitas.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pemasangan kaca film yang profesional. Jika Anda sudah berpengalaman dan memang sudah mahir dalam memasang, sah-sah saja jika melakukannya sendiri. Namun jika tidak, sebaiknya menggunakan jasa pemasangan. Anda tentu tidak mau membuang uang untuk mendapatkan hasil pemasangan yang tidak lurus, bengkok, dan hasil buruk lainnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat via WhatsApp